Sebuah Potret

Kemenangan Persib Bandung atas kejuaraan ISL 2014 memang menjadi euforia tersendiri bagi (kayaknya) hampir seluruh masyarakat Jawa Barat. Setelah hampir 19 tahun ini kesulitan untuk memperoleh gelar, akhirnya kemenangan ini
memberikan surprise pada masyarakat Jabar bahwa mereka punya tim sepakbola yang hebat. Muatan emosional momen ini, paling “parah” menginfeksi para bobotoh, bahkan pak walikota sampai kehilangan lembaran rambutnya karena terlanjur bernazar apabila Persib bisa juara, haha.

Momen ini terlalu sayang bila dilewatkan untuk di-review, terutama bagi pengamat (haha, mengamat doang. Engga memperbaiki) sosial seperti saya ini. Saya bisa bagi menjadi tiga kelompok orang, berdasarkan bagaimana respon mereka terhadap momen kejuaraan ini. Kelompok pertama, adalah orang yang menikmati hingga sangat/terlalu menikmati euforia kemenangan Persib bahkan sampai rela macet-macetan demi bisa bergabung dalam konvoy arak-arakan. Bagi kelompok ini, Persib adalah mereka. Perjuangan Persib adalah perjuangan mereka juga, sehingga rela mengorbankan apapun demi bisa hadir di laga semifinal dan final di kota Palembang #eh. Sesama kelompok mereka, terjalin rasa saling menolong, saling peduli. Tetapi, engga bisa dipungkiri juga bahwa sebagian dari mereka masih berbuat anarkis. Ngeberisikin & ngotorin jalan. Penilaian saya, etika yang engga tertib ini menjadi PR buat para pembimbing masyarakat tentang bagaimana memperbaiki perilaku masyarakat, dengan melihat potret yang terjadi barusan. Kelompok kedua adalah orang-orang yang nyaris mustahil menikmati event kejuaraan ini. Siapakah mereka? The Jack fanatik haha. Sementara kelompok ketika lebih cenderung dari netral hingga benci kelakuan bobotoh tapi tetap cinta persib.

Jadi, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana pak Djanur ini bisa mempertahankan prestasi Persib di musim mendatang, untuk kembali mengharumkan nama Bandung dan Jawa Barat di masyarakat Indonesia.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s