Alhamdulillah

Nggak ada kata yang lebih pantas mewakili situasi saya akhir-akhir ini, bahkan untuk semua situasi yang dialami selama ini, selain “Alhamdulillah”. Bukan hanya perihal rezeki yang telah dan akan didapatkan, tetapi yang sebenernya saya syukuri juga, betapa Allah itu membukakan jalan menuju rezeki yang akan kita jemput. Bahkan saya merasa malu kepada Allah atas rezeki-rezeki yang berdatangan, padahal nggak berusaha banyak untuk mendapatkannya, malu atas kurangnya ungkapan syukur dengan berusaha lebih baik.

Satu dimensi kehidupan yang saat ini sedang saya syukuri, adalah masalah perjodohan. Setelah melihat banyak pandangan orang bahwa jodoh itu adalah ini, itu, A, B, C, dst, dari pandangan-pandangan sentimental, hingga pandangan teknis, dengan sederhananya saya selalu mempertahankan pemikiran bahwa nyari pasangan hidup juga perlu usaha. Dan sebesar apa usaha/effort kita, mencerminkan seberapa penting apa yang akan kita kejar. Satu fase yang udah saya jalani dalam urusan perjodohan, adalah melakukan pencarian, siapa yang sesuai dengan kecocokan dan kriteria. Alhamdulillah, udah menentukan pilihan, mengutarakan keinginan, dan berusaha merencanakan ke tahap selanjutnya. Bismillah.

Bukan tanpa hambatan, banyak juga fail-fail karena kurangnya ilmu. Tapi, saya anggap memang beginilah proses belajar, dan nggak usah takut untuk ngambil tindakan, bila memang mampu kita perhitungkan. Dan satu konsep yang saya pegang, dalam urusan perjodohan ini, memang nggak pernah ada cara yang menjamin usaha kita berhasil, tetapi selalu ada jalan buat saya untuk berusaha maksimal yang sebisanya. Toh, yang mengatur rezeki adalah Allah, dan yang akan diliah sebagai pahala adalah niat dan usaha, bukan hasil.

Tapi, tetap bagian yang paling saya syukuri, adalah betapa Allah itu bisa ngasih jalan untuk berusaha, nggak peduli hasil yang didapat seperti apa. Alhamdulillah.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

