Replanning

Saya hari ini hakekatnya adalah apa yang telah saya bayangkan 5 tahun yang lalu. Hmm, moment di awal Ramadhan ini memang punya berkah untuk saya sendiri, yaitu terpikir untuk merencanakan 5 dan 10 tahun ke depan. Unik, karena nggak pernah kepikiran dan berkesempatan untuk menyiapkan time frame sejauh itu.

Masa-masa menyusun time frame kayak gini sebenernya nggak jauh beda seperti meng-assestment sesuatu. Ngecek hal general seperti visi hidup, prinsip hidup, lalu bentuk manfaat seperti apa yang ingin kita berikan untuk sekitar, sampai hal detail seperti kelakuan-kelakuan gk penting yang masih bersemayam dalam karakter sendiri, haha. Masih banyak banget kekurangan, memang.

Lalu breakdown per tahun apa yang kita ingin capai? Bentuknya fleksible, bisa berupa kerja/belajar dimana, skill apa yang mau di-upgrade, bahkan nggak usah canggung untuk menentukan target tahun pernikahan. Tapi, di antara bentuk perencanaan, bagian paling penting yang relevan buat keprofesian saya adalah : Field of Expertise mana yang ingin kita ahli di dalamnya? Sebenernya profesi itu, menurut saya, bermakna global. Nggak semata jadi pegawai atau professional. Alasan pentingnya adalah saya nggak bisa gini-gini terus tanpa jelas ahli dan berkarya di bagian yang mana.

So, planning itu penting lho, karena “Hari ini adalah mimpi hari kemarin, dan hari esok adalah mimpi kita di hari ini”

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

