Teknologi TurboBoost dalam Intel Core i5 dan i7

Bagi para pen-chaser komputer mungkin pernah pengalaman ketika nyari info spesifikasi, tiba-tiba ngelihat spek prosesor di katalognya “Intel(R) Core(TM) i5 xxxx 1.8 GHz with Turbo Boost up to 2.7 GHz”. Jadi yang bener 1.8 GHz atau 2.7 GHz sih? Nah, cukup buka google dan searching apa itu turbo boost, tahulah yg bener yg mana.

Ya, teknologi Turbo Boost (2.0) ini adalah performa terbaru buat dua prosesor generasi keempat Intel, yaitu i5 dan i7. Prinsip dasarnya adalah mensetting kecepatan prosesor agar sesuai kebutuhan. Kecepatan disini dilihat dari frekuensi clocking si prosesornya. Ada dua parameter yang mesti diperhatikan, pertama frekuensi dasar (base) dan batas maksimum (up limit). Ketika komputer kita jalankan dengan aplikasi yang ringan-ringan, misalnya lah cuma notepad, frekuensi clocking dasar lah yang dipakai, bahkan lebih kecil. Ketika semakin sibuk, si teknologi TurboBoost bisa ngitung frekuensi berapa agar optimum, baru frekuensinya ditambah dari nilai basenya, sampai batas maksimum. Teknologi ini manfaatnya untuk penghematan energi (power consumption) dan ngejaga ketahanan prosesor (Temperature).

Nah, tau cara ngujinya? Bisa aja dengan dua cara. Pertama, download software Intel Turbo Boost Technology Monitor (free). Tinggal install terus jalankan, nanti kita bisa liat si prosesor sedang bekerja di kecepatan berapa GHz. Coba uji dengan buka aplikasi/file berat, misalnya Video, Matlab, dsb. Kita bisa liat frekuensinya sempat naik di atas base frequency.

Kedua, buka aja task manager >> performance. Di sana bisa kita liat frekuensi kerjanya si CPU. Bisa diuji dengan cara yang sama (buka aplikasi/file berat).

Jadi, jangan khawatir kalau kita mau milih i5. Kok bisa i5 1.8 GHz tapi i3 bisa 2.4 GHz? Tenang aja bro. i5 punya mood boosternya 🙂

Informasi lebih jauh :

Intel(R) TurboBoost Technology

Download ITT Monitor

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s